Kemenkes Ajak Siswa Hidup Bersih dan Sehat

Oktober 16, 2014
Wabup HMG Hadi Sutjipto, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan saat acara UKS di GOR Delta Sidoarjo

Wabup HMG Hadi Sutjipto, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan saat acara UKS di GOR Delta Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)-Kementerian Kesehatan RI mengajak semua masyarakat Indonesia, terutama anak didik, untuk selalu menerapkan hidup bersih dan sehat dalam keseharian.

Ajakan itu disampaikan dalam isi pidato Kemenkes RI dalam memperingati 3 Dasawarsa EKbangkitan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), yang dibacakan oleh Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak, Kemenkes RI dr Agung Sugihartono M.Kes di Gelora Delta Sidoarjo Rabu (14/10/2014).

Anak usia sekolah, termasuk peserta didik, adalah generasi muda yang merupakan aset bangsa. Bangsa yang sehat, berkualitas, produktif dan berdaya saing sangat ditentukan derajat kesehatan dan kualitas hidup pada kelompok umur. “Maka dari itu, pembelajaran hidup bersih dan sehat harus ditanamkan sejak dini,” ucap Agung.

Kemenkes juga menghimbau agar seluruh jajaran lintas sektor baik ditingkat pusat maupun daerah beserta seluruh lapisan masyarakat agar memberikan komitmen kuat dalam dalam pelaksanaan UKS di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya.

Kemenkes RI juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemda dan masyarakat Jatim, karena cakupan penjaringan kesehatan di satuan pendidikan dasar di Provinsi Jatim mencapai 93,77% pada tahun 2013. “Pencapaian di Provinsi Jatim lebih tinggi dari angka nasional di tahun yang sama sebesar 73,91%,” sanjungnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto yang hadir dalam acara UKS itu, mengapresiasi sekolah-sekolah di Sidoarjo yang sering menjadi juara UKS di tingkat Provinsi Jatim dan Nasional.

“Sekolah-sekolah di Sidoarjo yang menjadi juara UKS harus bisa dipertahankan, dan bisa menjadi pencontohan sekolah lainnya,” imbuh mantan Kadiknas Kab. Sidoarjo itu. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *