Keluar Terminal, Sopir Bus HJ Suka Ngebut

Oktober 14, 2014
Lokasi tempat Bus Harapan Jaya terbalik

Lokasi tempat Bus Harapan Jaya terbalik

(SIDOARJOterkini)-Disisi lain, kecelakaan maut bus Harapan Jaya  (HJ) nopol AG 7900 UR di depan Mahmil, Bungurasih yang menewaskan tujuh penumpang dan puluhan lainnya luka-luka berat mengundang perhatian Mabes Polri. Koarlantas Mabes Polri diwakili Kabid Gakkum Kombes Pol Indrajit datang ke lokasi kejadian.

Dari data analisi sementara, pihak Koarlantas Mabes Polri menyimpulkan sopir memacu kencang bus saat melewati tikungan Jalan Raya Bungurasih. “Sopir seperti ta biasa mengebut usai keluar dari Terminal Purabaya,” Kabid Gakkum Koarlantas Mabes Polri Kombes Pol Indrajit.

Hal inidibuktikan dengan bekas pengereman ban yang berada jauh dari lokasi bus, hingga menabrak pembatas jalan. Kondisi jalan yang bergelombang, diduga menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Senin (13/10/2014) sekitar pukul 04.10 WIB. Bus Harapan Jaya Nopol 7900 UR, jurusan Surabaya-Trenggalek terguling.

Sebanyak tujuh penumpang tewas dalam kecelakaan tunggal itu. Tercatat lima orang tewas di lokasi kejadian dan dua orang tewas saat dibawa ke rumah sakit. Sedangkan puluhan penumpang lainnya luka berat dan ringan.

Tujuh penumpang yang meninggal dunia dibawa ke kamar mayat RSUD Sidoarjo. Sedangkan korban luka-luka sebagian dibawa ke RS Bhayangkara Polda Jatim, dan sebagian kecil lainnya dibawa ke RS Delta Surya Sidoarjo.

Informasi yang diperoleh, kecelakaan maut bermula ketika Bus Harapan Jaya yang membawa sekitar 55 penumpang keluar dari Terminal Purabaya. Bus ekonomi dengan tujuan Trenggalek tersebut melaju cukup kencang setelah melintas bundaran Waru.

Bus yang dikemudikan Teguh Hariyanto tersebut diduga melaju kencang karena ingin mendahului bus lain yang juga baru saja keluar dari Terminal Purabaya. Setelah melintas di depan Kantor Mahkamah Militer (Mahmil) Medaeng, tiba-tiba bus oleng ke kanan.

Body bus kemudian menghantam besi pembatas jalan dan selanjutnya membentur tiang listrik (PJU). Bus juga terseret sekitar 60 meter dari lokasi kejadian membuat body bus bagian depan dan kanan ringsek. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *