Rekom DPP, Saiful Ilah Janjikan Tiga Hari

Oktober 2, 2014
Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah

Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah

(SIDOARJOterkini)-Sekretaris DPRD Sidoarjo urung berkonsultasi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait belum disahkannya empat calon pimpinan dewan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Pasalnya, Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah menjanjikan jika rekomendasi DPP PKB segera turun.

Sekretaris DPRD Sidoarjo Endang Soesijanti mengatakan, pihaknya tidak akan ke Kemendagri untuk berkonsultasi terkait belum dilantiknya empat pimpinan dewan. Sebab, kewenangan dari sekretaris DPRD hanya berkonsultasi ke gubernur untuk menunggu langkah selanjutnya. “Kalau ke pusat kan wewenang dari provinsi,” jelasnya
.
Meski hanya menunggu keputusan dari gubernur, namun Endang mengaku sudah berkomunikasi dengan Ketua DPC PKB Saiful Ilah yang juga bupati Sidoarjo ini. Menanyakan langkah PKB agar SK DPP segera turun.

Saiful Ilah mengatakan jika rekom dari DPP paling lama 3 hari lagi akan turun. Untuk itulah, Setwan memutuskan untuk menunggu langkah DPC PKB yang berjanji akan mengusahakan SK dari DPP turun.

Desakan dari anggota dewan yang mengeluh terhambatnya kinerja karena masalah penetapan pimpinan definitif sangat dimaklumi. Namun demikian, usulan ke Kemendagri tetap tidak bisa dilakukan oleh sekretaris DPRD.

Sekretaris DPRD meminta DPC PKB bisa bijak mengambil langkah darurat agar rekom DPP PKB bisa turun. “Saya tidak tahu caranya, Itu urusan internal PKB. Pokoknya yang jelas dalam beberapa hari ini dijanjikan akan turun,” terangnya.

Informasi yang diperoleh, Saiful Ilah sudah menjalin komunikasi dengan DPW PKB Jawa Timur. Komunikasi tersebut dilakukan agar DPW menekan DPP PKB untuk mengeluarkan surat keputusan atau rekomendasi.

Rekomendasi itu isinya memberikan kewenangan kepada DPW untuk mewakili DPP memberikan rekom ketua DPRD Sidoarjo. Rekom kepada DPW tersebut rencananya akan disampaikan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kepada Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar yang merupakan kakak kandung Muhaimin Iskandar.

Rekom tersebut juga dilengkapi alasan struktur organisasi DPP PKB yang belum terbentuk karena terbentur kepengurusan baru. “Rekom itu nantinya akan diberikan karena kondisi saat ini dianggap darurat,” jelas sumber di PKB Sidoarjo.

Ketua DPC PKB Saiful Ilah saat dikonfirmasi enggan mengungkapkan lebih detail usaha yang nantinya akan dilakukan. “Pokoknya Wawan (Sulamul Hadi Nurmawan). Tunggu saja sebentar lagi,” jelasnya. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *