PDIP Akhirnya Kirim Nama Pimpinan Dewan

September 18, 2014
Teks foto calon ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, wakil ketua Taufik Hidayat Triyudhono, M.Rifai dan Emir Firdaus

Teks foto calon ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan, wakil ketua Taufik Hidayat Triyudhono, M.Rifai dan Emir Firdaus

 

(SIDOARJOterkini)- DPC PDIP Sidoarjo akhirnya mengirimkan rekomendasi pimpinan dewan ke sekretariat DPRD Sidoarjo, Kamis (18/9/2014). Tak lain, Taufik Hidayat Tri Yudhono seperti rekomendasi dari DPP PDIP.

Dengan demikian,  DPRD Sidoarjo dengan dipimpin ketua dan wakil ketua sementara akan menggelar rapat paripurna internal hari ini untuk mengesahkan pimpinan dewan. Selanjutnya, empat nama pimpinan dewan itu akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Timur.

DPRD Sidoarjo awalnya tetap akan menggelar paripurna internal dan mengirimkan nama pimpinan dewan ke gubernur meskipun wakil PDIP belum dimasukkan ke Setwan. “Hari ini memang batas terakhir deadline kami. Jika rekom wakil ketua dari PDIP belum masuk, tiga nama pimpinan akan tetap kami kirim ke gubernur,” ujar Ketua DPRD Sidoarjo sementara Sullamul Hadi Nurmawan.

Hal tersebut telah dikomunikasi dengan sekretariat agar penetapan pimpinan definitif tidak molor lagi. Dengan terbentuknya piminan dan alat kelengkapan dewan, program kerja anggota dewan bisa segera berlangsung.

Dalam peraturan pemerintah (PP) nomor 16 tahun 2010 tentang pedoman penyusunan anggota dewan, ada ketentuan jika jumlah anggota dewan ada 50 anggota, diharuskan memiliki satu ketua dan tiga wakil. Namun demikian, di dalam PP tersebut tidak dijelaskan proses penetapan pimpinan secara bersamaan atau tidak.

Dalam paripurna tersebut awalnya hanya akan mengusulakn ke Gubernur Jawa Timur untuk tiga pimpinan. Yakni, Ketua DPRD dari PKB dan dua wakil ketua masing-masing dari PAN dan Gerindra. Sedangkan PDIP nanti akan diadakan paripuran internal menyusul, jika rekomendasi wakil ketua dewan belum masuk.
Dalam paripurna internal yang diagendakan dilaksanakan Jumat (19/9/2014)  tersebut akan menunjuk pimpinan definitif yang sudah mendapatkan rekomendasi. Yakni, Sulamul Hadi Nurmawan yang saat ini menjadi ketua DPRD sementara diusulkan menjadi ketua DPRD dari PKB. PAN memberikan mandat kepada Emir Firdaus menjadi wakil ketua DPRD.

Sedangkan, Partai Gerindra memberikan amanat kepada Ketua DPC Partai Gerinda M Rifai menjadi wakil ketua DPRD. Dan, PDIP yang baru menyerahkan rekomendasi wakil ketua ke Setwan sore hari, menunjuk Taufik Hidayat Tri Yudhono sebagai wakil ketua.

Seperti diketahui, rekom wakil ketua yang menjadi jatah PDIP sebenarnya sudah turun dari DPP PDIP. Rekom yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Tjahjo Kumolo tersebut memberikan amanah kepada Taufik Hidayat Tri Yudhono sebagai wakil ketua dewan.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *