KPU Anggarkan Dana Pilkada Rp 47 Miliar

September 11, 2014
Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman

Sekretaris KPU Sidoarjo, Sulaiman

(SIDOARJOterkini)- Meski saat ini DPR masih membahas pemilihan kepala daerah  (Pilkada) dipilih oleh dewan. Namun, KPU Sidoarjo sudah mengajukan anggaran untuk Pilkada Sidoarjo tahun 2015.

Bahkan, KPU Sidoarjo sudah mengajukan anggaran untuk Pilkada Sidoarjo 2015 sekitar Rp 47 miliar. Dana sebesar itu akan digunakan untuk Pilkada dengan estimasi dua putaran.

Sekretaris KPU Sidoarjo Sulaiman mengatakan pihaknya sudah mengajukan plafon anggaran untuk Pilkada 2015 ke tim anggaran Pemkab Sidoarjo. Dana sebesar Rp 47 miliar itu terbagi menjadi dua putaran pilkada.

Untuk putaran pertama, KPU menyediakan anggaran sekitar Rp 30 miliar dan untuk putaran kedua Rp 17 miliar. “Yang Rp 17 miliar itu untuk cadangan jika kemungkinan pilkada dua putaran,” ujar Sulaiman.

Sulaiman juga mengakui jika saat ini pemilihan kepala daerah oleh dewan masih dibahas di DPR. Namun, sampai saat ini belum ada putusan apakah pilkada akan dikembalikan ke dewan lagi. “Kan penetapannya masih tanggal 26 September nanti,” tandasnya.

Sedangkan untuk Pilkada 2015 merupakan agenda rutin lima tahunan, ketika undang-undangnya belum berubah dan masih ditangani KPU, tentu anggarannya melekat di KPU. Jika nantinya ada aturan baru dan Pilkada langsung dilakukan dewan dan KPU tidak berfungsi lagi, tentunya anggaran yang diajukan tidak akan diserap.

 

Sekedar diketahui, Pilkada Sidoarjo akan digelar pertengahan tahun 2015. Untuk persiapan pesta demokrasi pemilihan bupati itu, KPU Sidoarjo sudah menyiapkan kebutuhan anggaran yang diperlukan.

Kebutuhan anggarannya sudah diajukan ke tim anggaran Pemkab Sidoarjo. Namun, saat ini KUA PPAS APBD 2015 belum dibahas oleh dewan karena alat kelengkapan dewan belum terbentuk. (st-12)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *