Dua Parpol Belum Bentuk Fraksi

September 8, 2014

image

(SIDOARJOterkini)- Belum semua partai politik (parpol) menyerahkan struktur pengurus fraksi ke Sekretariat DPRD Sidoarjo. Padahal, Sekretariat DPRD Sidoarjo sudah mendeadline tanggal 5 September.

Kenyataannya, sampai saat ini baru lima fraksi yang terbentuk, yakni Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, PBB dan PPP, Fraksi Demokrat dan Fraksi PKS-Nasdem. Sedangkan dua parpol belum menyerahkan struktur pengurus fraks, yakni PDIP dan PAN.

Dua parpol ini masih terkendala menunggu rekomendasi dari DPP terkait siapa yang bakal menduduki posisi wakil ketua dewan. Di DPRD Sidoarjo, PKB merupakan parpol peraih kursi terbanyak di dewan, yakni 13 kursi dan berhak menduduki posisi ketua dewan.

Sedangkan PDIP juga mendapat jatah kursi wakil ketua karena memperoleh 8 kursi dan PAN juga dapat jatah wakil ketua karena memperoleh 7 kursi. Sekretaris DPRD Sidoarjo Endang Soesijanti mengatakan, sebenarnya tidak ada aturan sampai kapan alat kelengkapan dewan harus terbentuk.

Termasuk fraksi-fraksi sebagai kepanjangan tangan parpol. Namun, pihaknya berharap agar fraksi bisa secepatnya dibentuk. Setelah terbentuknya fraksi kemudian akan dilanjutkan pembentukan alat kelengkapan dewan, seperti komisi, Badan Kehormatan (BK) dan Badan Legislasi (Banleg).

Untuk dua parpol lain yang belum menyerahkan struktur fraksinya, seperti PDIP masih menunggu rekomendasi wakil ketua dewan diserahkan. Demikian pula dengan PAN, sampai saat ini juga belum turun rekomendasi siapa yang akan menduduki posisi wakil ketua dewan.

Seperti di PAN, untuk menunjuk ketua fraksi dan struktur pengurus lainnya masih menunggu rekomendasi wakil ketua dewan dari DPP. DPD PAN Sidoarjo mengajukan tiga nama, yakni Khulaim Junaidi, Emir Firdaus dan Mahmud Untung. Namun, saat ini rekomendasi belum juga turun.

Demikian pula PDIP, juga mengirimkan dua nama untuk direkomendasi menjadi wakil ketua dewan. Yakni, Ketua DPC PDIP Sidoarjo Imam Supii dan Sekretaris DPC PDIP Sidoarjo Taufik Hidayat Triyudhono. Untuk menunjuk ketua fraksi masih menunggu rekomendasi wakil ketua dewan dari DPP. “Kemungkinan hari ini kita masukkan struktur fraksi dan wakil ketua dewan ke Sekwan,” ujar Wakil Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tarkit Erdianto.

Sedangkan untuk posisi ketua dewan, DPC PKB Sidoarjo mengirimkan tiga yang dimintakan rekomendasi ke DPP, yakni Abdul Kholik, Nur Achmad Syaifuddin dan Sullamul Hadi Nurmawan. Ketua DPC PKB Sidoarjo Saiful Ilah mengaku jika rekomendasi ketua dewan jatuh ke Sullamul Hadi Nurmawan, namun sampai saat ini masih menunggu SK-nya turun dari DPP.

Apalagi, PKB habis muktamar dan baru mengukuhkan lagi Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB. Namun , untuk SK masih menunggu terbentuknya pengurus DPP PKB definitif.(st-12)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *