Penerimaan CPNS Khusus Warga Sidoarjo

Sebanyak 92 PNS yang diterima melalui tes CPNS tahun ini akan menambah tenaga baru di lingkungan pemkab Sidoarjo

Sebanyak 92 PNS yang diterima melalui tes CPNS tahun ini akan menambah tenaga baru di lingkungan pemkab Sidoarjo

(SIDOARJOterkini)-Pendaftaran CPNS yang dibuka oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) hari ini ada sebanyak 92 formasi. Namun, sebanyak 92 formasi yang tersedia dikhususkan untuk warga Sidoarjo.

Artinya, penerimaan CPNS yang mulai dibuka hari ini sampai 12 September, pendaftar harus ber-KTP Sidoarjo. Dengan demikian pendaftar yang ber-KTP luar Sidoarjo tidak akan lolos seleksi.

Dengan dibukanya pendaftaran CPNS khusus warga Sidoarjo, semakin banyak kesempatan untuk putra daerah menjadi PNS di daerahnya sendiri. Sayangnya, kuota CPNS yang diterima kabupaten Sidoarjo hanya 92 formasi.

Berdasar surat bernomor 810/4287/404.6.1/2014 yang diterbitkan tim seleksi CPNS Pemkab Sidoarjo, lima formasi itu meliputi pengawas ketenagakerjaan, mediator hubungan industrial, auditor pertama, analis program, plus pranata laporan keuangan.

Kepala BKD Sidoarjo Hj. Sri Witarsih mengatakan formasi CPNS kali ini benar-benar hanya dikhususkan untuk pelamar asal Sidoarjo. “Jadi pendaftar harus memiliki KTP Sidoarjo,” tandasnya.

Dari 92 formasi untuk kuota Sidoarjo, mayoritas formasi untuk tenaga guru kelas pertama (sebanyak 25 formasi). Kemudian tenaga kesehatan yang disediakan sebanyak 15 formasi meliputi dokter umum, perawat pelaksana, plus tenaga bidan.

Sedangkan untuk formasi tenaga teknis, yang paling banyak dibutuhkan pada tes kali ini adalah tenaga pelaporan keuangan (18 formasi). Sisanya adalah sejumlah formasi di 24 bidang pekerjaan.

Meski demikian, pelamar bisa memilih maksimal tiga formasi. Namun, seluruh formasi yang dipilih harus sesuai dengan persyaratan formasi jabatan yang dipilih. Pelamar harus sesuai bidang ilmu yang sudah ditentukan.

Untuk pelamar, Sri Witarsih meminta agar saat mendaftar menggunakan KTP baru sesuai NIK (nomor induk kependudukan). Semua pendaftar harus menggunakan E-KTP.

Dalam rekrutmen kali ini, proses pendaftaran dilakukan secara online di situs panitia seleksi nasional untuk mendapat kartu registrasi. Sedangkan untuk proses lanjutan berupa pemberkasan dilakukan melalui BKD Sidoarjo. (st-12)