Dievaluasi Gubernur, Pemkab Ngotot Beli Mobil Mewah

Agustus 25, 2014
Ilustrasi

Ilustrasi

(SIDOARJOterkini)- Pemkab Sidoarjo tampaknya tidak akan menjalankan evaluasi Gubernur Jatim Soekarwo terkait pengadaan mobil dinas (mobdin). Pasalnya, bagian umum Setda tampaknya bakal merealisasikan pembelian mobil mewah yang plafon harganya Rp 1,2 miliar.

Pembelian mobil mewah tesebut dengan dalih untuk keperluan menjemput tamu. Padahal, jika pemkab menghemat anggaran harusnya harga mobil jangan terlalu mahal atau lebih baik memanfaatkan mobil dinas yang sudah ada.

Gubernur Jatim Soekarwo merekomendasikan agar Pemkab mengevaluasi program yang nilainya diperkirakan lebih dari Rp 10 Miliar itu, untuk dialihkan pada anggaran publik. Apalagi, komposisi APBD Sidoarjo juga dianggap belum memenuhi sejumlah aturan.

Dalam evaluasi itu, Pemprov meminta agar Pemkab untuk mengevaluasi ulang seluruh pengadaan kendaraan itu. Di mana, pengadaan diprioritaskan untuk kendaraan operasional atau yang bersentuhan dengan layanan publik.

Hasil evaluasi P-APBD 2014 Sidoarjo itu sendiri dalam pembahasan di internal Pemkab. Dokumen itu juga sudah dibahas eksekutif serta para anggota dewan. Dalam P-APBD 2014, salah satu yang sempat jadi sorotan adalah program pengadaan mobdin.

Yang paling banyak adalah pengadaan mobdin bagi masing-masing camat dengan nilai total Rp 4,14 Miliar (per camat mengalokasikan duit Rp 230 Juta per unit). Anggaran yang terkihat besar, pembelian mobdin melalui Bagian Umum setda. Total pengadaan mobdin di sana tembus angka Rp 2,5 Miliar.

Sejumlah  mobdin mewah direncanakan dibeli. Mulai dari satu unit sedan, sebuah mobil jenis MPV untuk tamu VIP Pemkab dengan nilai maksimal Rp 1,2 miliar, hingga pembelian kendaraan lain. kalau ditotal semua dalam P-APBD 2014 untuk pembelian mobdin mencapai Rp 20 miliar.

Kabag Umum Pemkab Sidoarjo, Imam Mukri mengatakan evaluasi P-APBD 2014 yang dilakukan Gubernur adalah menanyakan hal normatif saja. Pihaknya sudah mengirimkan jawaban atas evaluasi itu.

Imam Mukri mengakui jika plafon pembelian mobil untuk tamu itu Rp 1,2 miliar. Namun, dia tidak menjelaskan mobil apa yang akan dibeli. “Yang pasti, mobil yang akan dibeli jenisnya SUV yang cukup untuk menjemput tamu,” jelasnya. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *