Kuota CPNS Sidoarjo Tahun 2014 Hanya 92 Orang

Agustus 5, 2014
PNS Sidoarjo saat open house dengan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beberapa waktu lalu

PNS Sidoarjo saat open house dengan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah beberapa waktu lalu

(SIDOARJOterkini)–Warga Sidoarjo jangan berharap banyak bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sidoarjo. Pasalnya, kuota formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Sidoarjo tahun 2014 hanya 92 orang.

Padahal, PNS yang dibutuhkan cukup banyak untuk mengisi kekurangan pegawai di pemerintahan kota delta tersebut. “Formasi untuk CPNS 2014 hanya 92 orang. Padahal, kita mengajukan ke  Kemenpan cukup banyak,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Hj. Sri Witarsih.

Saat ini, jumlah PNS di lingkup Pemkab Sidoarjo ini masih kurang. Setiap tahunnya kekurangan jumlah PNS tersebut mencapai 1900 PNS. Jumlah tersebut belum tercover meski setiap tahunnya Pemkab Sidoarjo menyelenggarakan seleksi calon PNS.

Kekurangan tersebut terjadi karena banyak PNS yang setiap tahunnya pensiun. Penambahan PNS melalui jalur seleksi belum bisa menambal jumlah PNS yang pensiun. “Jumlah yang pensiun dengan yang masuk belum imbang,” ujar wanita yang akrab disapa Witarsih itu.

Setiap tahunnya BKD juga mengirimkan surat pengajuan tambahan PNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB). Namun kuota yang diminta tidak disetujui semua. Pada 2013 seleksi CPNS dibutuhkan sebanyak 355 formasi.

Pada tahun 2014 ini BKD mengajukan sebanyak 1900 formasi untuk kebutuhan seleksi CPNS. Diharapkan pengajuan tersebut bisa diterima oleh KemenPAN  untuk menambal banyaknya posisi PNS yang lowong.

Terutama posisi guru kelas yang banyak dibutuhkan. Guru kelas yang ada di sejumlah sekolah masih banyak yang kosong. Sehingga pada 2014 ini lebih banyak diprioritaskan untuk mencari seleksi posisi jabatan guru kelas.

Namun, kuota yang disetujui Kemenpan untuk CPNS 2014 hanya 92 formasi. Kabupaten Sidoarjo termasuk dari 29 kabupaten/kota di Jawa Timur yang diberi kuota untuk menyelengarakan tes CPNS. Rencananya, tes CPNS akan digelar di rentang bulan Oktober -Desember. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *