KPU Gelar Coblos Ulang di TPS Bandara

Juli 15, 2014

Surat suara pilpres 2014

Surat suara pilpres 2014

(Sidoarjoterkini) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo memutuskan pencoblosan ulang pemilihan presiden dan wakil presiden di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bandara International Juanda, hari ini (15/7/2014). Hal ini dilakukan sebagai jalan terbaik setelah ada kekeliruan dalam pencoblosan di dua TPS tersebut.

KPU tidak memilih opsi penghitungan yang juga direkomendasikan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sidoarjo. Pasalnya, Opsi penghitungan dianggap memberatkan.

Apalagi sejumlah syarat yang diminta Panwaslu dinilai justru akan memperlama proses rekapitulasi yang akan dilakukan KPU. Padahal, batas pencoblosan ulang yang ditetapkan oleh KPU pusat yakni hingga H+7 sesudah pencoblosan 9 Juli lalu.

Ketua KPU Sidoarjo Zainal Abidin menjelaskan, pihaknya memilih opsi pencoblosan ulang karena dianggap lebih tepat dan cepat. “Kita putuskan coblos ulang saja,” ujarnya.

Opsi penghitungan dengan berapa syarat, lanjut Zainal sulit dipenuhi KPU. Apalagi, meyakinkan bahwa hasil pencoblosan lalu adalah pemilih DPT di Bandara.

Kemudian DPT merupakan karyawan bandara serta pemilih tidak melakukan pencoblosan ulang merupakan syarat yang sulit.

Coblos ulang yang dilakukan sekaligus memverifikasi jumlah DPT yang berada di TPS 06 terminal 1 Desa Pranti dan TPS 13 terminal 2 Desa Betro Kecamatan Sedati. Di TPS 06 jumlah DPT menjadi 41.

Jumlah ini menurun jauh dibandingkan DPT sebelumnya yang mencapai 319. Sedangkan di TPS 13 jumlah DPT menjadi 104.

Jumlah tersebut juga menurun dibandingkan DPT sebelumnya berjumlah 115. DPT yang masuk merupakan karyawan dan juga bisa warga sekitar.

Menurutnya, verifikasi DPT tersebut dilakukan agar warga yang masuk DPT bandara bisa mencoblos. Sedangkan warga ataupun karyawan yang telah mencoblos di tempat lain tidak ikut lagi dalam pencoblosan.
.
Untuk coblos ulang ini, KPU Sidoarjo sudah berkoordinasi dengan pihak bandara. Termasuk pemilih yang masuk dalam DPT. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Panitia Pemungutasn Suara (PPS) bandara.

Sedangkan untuk persiapan logistik, juga sudah disiapkan. Surat suara cadangan khusus untuk pemilihan ulang juga telah tersedia dari KPU pusat.

Surat tersebut memang khusus disediakan untuk mengakomodir kebutuhan pencoblosan ulang. Pencoblosan akan dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *