Varia Usaha Diminta Pinjamkan Lahan Untuk Frontage Road

Juli 11, 2014
Ekbis Headline Indeks   12 views
image

SIDOARJO-Pemkab Sidoarjo berharap agar PT Varia Usaha Waru mau meminjamkan jalan di depan perusahaan. Pasalnya, jalan k Frontage Road (FR) Waru-Sidoarjo yang berfungsi untuk memecah kemacetan.

Asisten I (pemerintahan) Pemkab Sidoarjo Asrofi mengatakan, untuk membangun frontage road melewati jalan di depan anak perusahaan Semen Gresik tersebut. Sudah sepatutnya, jika pihak Varia Usaha meminjamkan lahan itu untuk kepentingan jalan.

Asrofi mengaku, pihaknya sudah bertemu dengan pihak Varia Usaha membahas lahan untuk Frontage Road tersebut. “Karena Varia Usaha itu BUMN, jadi setiap aset harus ada hitungannya sendiri,” ujar mantan Kabag Pemerintahan Pemkab Sidoarjo.

Oleh karena itu, Pemkab tidak bisa memaksa Varia Usaha untuk menghibahkan lahannya. Berbeda dengan perusahaan swasta lainnya, untuk kepentingan Frontage Road itu lahan di depan perusahaan dihibahkan ke Pemkab Sidoarjo.

Untuk Varia Usaha yang merupakan perusahaan bergerak dibidang beton, ada beberapa opsi terkait lahan itu. Diantaranya, lahan itu dijual, disewa atau dipinjam pakai oleh pemkab untuk kepentingan frontage road. “Kalau kita lebih cenderung agar dipinjam pakai saja. Toh jalan itu untuk kepentingan umum,” jelas Asrofi.

Frontage Road Sidoarjo-Waru sepanjang 9 kilometer mulai dibangun tahun ini. Dinas PU Bina Marga mendahulukan pembangunan jalan yang sudah dihibahkan oleh perusahaan. Sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan yang sudah menghibahkan lahannya untuk Frontage Road. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *