Pemkab Sidoarjo Gelontor Dana Hibah Rp 12 M

Juni 26, 2014
Ekbis Headline Indeks   9 views

 

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan danq hibah

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat menyerahkan danq hibah

SIDOARJO- Pemkab Sidoarjo membagikan dana hibah block grant sebesar Rp 12.359.500.000 yang dianggarkan dalam APBD 2014.Dana tersebut diberikan kepada berbagai elemen masyarakat.

Block Grant merupakan program rutin setiap tahun yang tujuannya untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat. Melalui program ini sekaligus sebagai upaya pengatasan kemiskinan.

Untuk itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah berharap dengan dana hibah itu peran masyarakat dalam pembangunan tidak hanya sebagai obyek saja, melainkan juga sebagai subjek. “Masyarakat harus berperan aktif dalam pembangunan, termasuk dana hibah yang diterima bisa mendorong masyarakat untuk berpartisipasi,” ujarnya usai menyerahkan dana Block Grant di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, Kamis (26/6).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Sidoarjo M. Ali Imron mengatakan tahun ini ada sebanyak 346 kelompok masyarakat desa/kelurahan penerima Block Grant.

Dana yang dialokasikan untuk kegiatan itu Rp 6,9 miliar. Sedangkan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) penerima Block Grant tahun ini sebanyak 36 Ponpes dengan anggaran sebesar Rp 288 juta.

Sedangkan Madrasah Diniyah (Madin) penerima Block Grant tahun ini sebanyak 96 dengan anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 576 juta. Untuk Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) . Anggaran sebesar Rp 1 milyar 210 juta diperuntukkan bagi 242 TPQ yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo.

Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Block Grant diberikan kepada 191 lembaga PAUD dengan anggaran sebesar Rp 543 juta. Demikipan pula TK/RA maupun TK Dharma Wanita Persatuan sampai SD/MI, SMP/MTs serta SMA/SMK/MA juga mendapat jatah dana hibah.(st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *