Dinas Pengairan Klaim Banjir Karena Curah Hujan Tinggi

Juni 18, 2014
Ekbis Headline Indeks   9 views
Banjir yang melanda kawasan Sedati.

Banjir yang melanda kawasan Sedati.

SIDOARJO- Dinas PU Pengairan Kabupaten Sidoarjo mengklaim jika penyebab banjir yang melanda beberapa wilayah Sidiarjo karena curah hujan tinggi. Padahal, saat musim hujan lalu kawasan tersebut tidak sampai banjir.

Beberapa pihak juga menyoroti jika banjir yang melanda beberapa kawasan Sidoarjo, seperti Jalan Raya Juanda, akses menuju ke Terminal 2 Bandara Juanda karena drainase yang jelek. Sebut saja di Jalan Raya Juanda tidak berfungsinya drainase menyebabkan air tidak cepat surut.

Kemudian  beberapa sungai juga tidak bisa menampung curah air hujan. Imbasnya, air dari pemukiman tidak bisa mengalir ke sungai terdekat. “Kalau dibilang curah hujan tinggi, kenapa saat musim hujan lalu kawasan tersebut tidak banjir sampai separah ini,” ujar salah satu anggota DPRD Sidoarjo yang enggan disebut namanya.

Banjir yang melanda beberapa kawasan Sidoarjo itu menunjukkan tidak adanya perencanaan yang matang, untuk irigasi dan pemanfaatan lahan hijau. Saat ini lahan hijau yang biasanya digunakan untuk resapan sudah berfungsi menjadi pemukiman dan rumah toko.

Kepala Dinas Pengairan, Fatkhorrohman mengatakan banjir yang melanda bebrapa wilayah di Sidoarjo akibat intensitas hujan sangat tinggi. Sesuai hasil pengamatan di Dam Bono, Kecamatan Sedati, air yang ada mencapai 157 ml/detik. Normalnya daya tamping air yang ada 118 ml/detik sehingga air yang ada meluap.

Fatkhurrohman menginstruksikan kepada anak buahnya untuk menutup dam di wilayah barat mulai sejak pukul  04.00 WIB kemarin. Tujuan penutupan itu agar air yang ada tidak banyak mengalir ke wilayah timur karena air yang ada masih cukup tinggi. (st-12)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *