Gawaaat!!….Tercemar Limbah, Ikan di Sungai Porong Mati

Juni 13, 2014

 

SIDOARJO- Ikan di Sungai Porong diketahui banyak yang sekarat dan mati, Jumat (13/6/2014). Diduga, ikan itu tercemar limbah pabrik yang dibuang ke sungai.

Karena banyaknya ikan yang mati, warga yang sejak pagi sudah memenuhi sepanjang sungai. Selain menggunakan jaring, warga juga ada yang menggunakan setrum untuk menangkap ikan.

Ikan yang sudah mabuk dengan mudah diambil oleh warga. Bahkan, saking banyaknya ikan yang sskarat, beberapa warga mendapat tangkapan ikan puluhan kilogram. Ikan yang berhasil ditangkap langsung dimasukkan kantong kemudian dijual.

Beberapa bulan lalu kondisi serupa terjadi di Sungai Porong. Bahkan, dalam setahun bisa sampai lima kali, terutama saat kondisi air sungai surut. “Kalau tidak kena limbah, mana mungkin ikan mati,” ujar Habib, salah satu warga sekitar.

Ikan yang ditemukan mati, jenisnya seperti Mujaer, Lele, Nila, Gabus dan jenis ikan air tawar lainnya. Warga mencari ikan di tepi sungai disebelah dekat jembatan Porong, adapula yang mencari ikan menggunan perahu.

Warga berencana dalam beberapa hari kedepan akan terus mencari ikan yang sekarat. Ikan yang sekarat akibat limbah mengambang di permukaan air dan mudah untuk ditangkap. Padahal, biasanya untuk mendapat ikan di Sungai Porong harus mancing lama atau menjaring di lokasi yang dimungkinkan tempat ikan berada. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *