Pemkab Siapkan Jalan Lingkar Pesisir di RTRW

Juni 8, 2014
Ekbis Headline Indeks   11 views
Kawasan pertambakam di pesisir timur Sidoarjo yang bakal terkena JL3TS

Kawasan pertambakam di pesisir timur Sidoarjo yang bakal terkena JL3TS

SIDOARJO- Keinginan banyak kalangan agar ada jalan tembus dari Pasuruan ke Sidoarjo sampai Surabaya suatu saat akan terwujud. Sebab, konsep itu sudah dimasukkan dalam Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kabupaten Sidoarjo,

Perda RTRW akan berlaku sampai 2029 mendatang. Artinya, masih ada waktu cukup panjang untuk mewujudkan Jalan Lingkar Luar Timur Sidoarjo (JL3TS) tersebut.

Dalam RTRW tercantum, jika JL3TS tersebut aksesnya mulai Kecamatan Jabon yang berbatasan dengan Pasuruan melewati pesisir sampai Kecamatan Sedati yang berbatasan langsung dengan Surabaya. “Itu rencana jangka panjang untuk memecah kemacetan dan akses industri di Sidoarjo,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir Sigit Setiawan, Minggu (8/6/2014).

Konsep JL3TS tersebut, salah satunya untuk menopang kawasan industri di Kecamatan Jabon. Sekaligus mempermudah akses Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan. Sebab, diakui atau tidak kini kondisi jalan yang ada belum memadai untuk menampung volume lalulintas.

Meski proyek jangka panjang, namun Dinas PU Bina Marga sudah menyiapkan konsep pembangunan jalan itu. Bahkan, tahun depan akan diajukan anggaran untuk Fisibility Study (FS) dan DID JL3TS. “Panjang JL3TS diperkirakan 25 kilometer,” tandas Kabid Bina Teknik Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Ir. Judi Tetra Hastoto. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *