PTN Pembuat Soal PPDB “Dirahasiakan”

Juni 6, 2014
Pendaftar PPDB di SMAN 1 Sidoarjo berharap bisa diterima di sekolah yang cukup favorit di kota delta tersebut

Pendaftar PPDB di SMAN 1 Sidoarjo berharap bisa diterima di sekolah yang cukup favorit di kota delta tersebut

SIDOARJO- Dinas Pendidikan (Dispendik) Sidoarjo “merahasiakan” nama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuat soal tes tulis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester (SPP-SKS). Namun, PTN tersebut cukup ternama di Surabaya.

Kepala Dispendik Sidoarjo Mustain Baladan mengatakan, materi tes tersebut akan langsung dihimpun oleh tim dari PTN yang ditunjuk. Kemudian akan dibagikan saat pelaksanaan tes PPDB SPP-SKS untuk SMP dan SMA akan dilaksanakan pada 10 dan 11 Juni.

Tes yang dilaksanakan dalam dua hari akan mengujikan dua tes dengan materi berbeda. Yakni tes bidang studi dan tes potensi akademik. “Kami menyerahkan sepenuhnya pada tim dari PTN untuk seleksi tes,” ujar Mustain.
Dengan dibuatnya soal oleh PTN lebih memudahkan Dispendik dalam proses seleksi. Hasil tes tulis akan menentukan siswa masuk di sekolah yang didaftar. Ditambahlagi nilai rapor minimal rata-rata 7,5 yang menjadi salah satu persyaratan.

Sedangkan materi yang diujikan bidang studi nanti juga sesuai materi ujian nasional. Seperti, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS. Sedangkan, untuk tes potensi akademik akan disesuaikan dengan kemampuan potensi siswa. “Kami berharap para pendaftar PPDB SPP-SKS siap saat tes nanti. (st-14)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *