Awas!!!…Hepatitis A Mewabah di Gedangan

Juni 5, 2014
www.medscape.org

www.medscape.org

SIDOARJO- Warga Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan resah dengan menjalarnya virus hepatitis A (liver) yang terjadi di lingkungan Jalan Lokomotif. Virus tersebut menyerang warga dalam beberapa pekan terakhir.

Awal mulanya salah satu anak di lingkungan yang bersebelahan dengan rel KA jalur Surabaya-Malang yang terserang. Tak butuh waktu lama, virus yang menyerang hati itu menular ke belasan warga lainnya.

Suryono 50, warga Jalan Lokomotif mengakui jika warga yang tertular biasanya langsung lemas dan tidak bisa beraktifitas. Apalagi virus tersebut katanya mudah menyebar dan menulari warga lainnya.”Sudah belasan warga disini yang terserang hepatitis A,” ujarnya Kamis (5/6/2014).

Gejala penderita hepatitis A kondisi badannya demam, lemah lesu dan disertai muntah-muntah. Meski bukan penyakit mematikan, virus hepatitis A ini cukup mengganggu aktivitas penderitanya.

Bahkan, sebagian penderita hepatitis A ini terpaksa harus dilarikan dan dirawat di rumah sakit. Adapula warga yang dibawa ke RS Siti Hajar dan RSUD Sidoarjo.

Hepatitis A ini memang disebabkan oleh virus yang disebarkan kotoran penderita dan biasanya lewat makanan. Terutama warga di wilayah kumuh dan padat yang kurang menjaga kebersihan sangat mudah tertulari virus ini.

Sejauh ini belum ada pihak Dinas Kesehatan setempat yang datang untuk melakukan pencegahan virus ini. “Warga khawatir hepatitis A menyerang warga lebih banyak lagi,” tandas Suryono. (st-13)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *